Mengenai saya

Hi, All, so finally i decide to start writing on blog, hopefully this will be useful not only for me but also for all readers. So, start checking my blog now then make it your routine,,, ;) Mangga dilanjuuut,,,

Minggu, 26 April 2020

I am BACK!




Setelah sekian lama akhirnya kubuka lagi blogku ini. Ternyata memang tidak mudah untuk berkomitmen dalam menulis. Banyaknya buku koleksi tentang cara menulis baik fiksi maupun non-fiksi sama sekali bukanlah penentu kesuksesan dalam menulis. sekarang aku menyadari bahwa komitmen dan konsistenlah kunci untuk tetap berkarya. Komitmen untuk mau menulis dan konsisten untuk sering berlatih.


Awal mula aku kembali mengunjungi blogku ini adalah masa isolasi Covid 19. Semenjak pertengahan Maret 2020 aku praktis menjadi separuh pengangguran. Keharusan untuk WFH berpengaruh besar dalam perolehan sandang panganku. Sekolah tempat aku mengajar freelance memutuskan untuk menghentikan kelas ekstrakulikuler yang aku bina. Begitu pula dengan lembaga bimbel tempat aku bekerja. Semua pembelajaran dialihkan lewat online sehinga hanya karyawan tetap saja yang masuk kerja. Siswa-siswi yang les di rumahku pun berhenti karena orang tua mereka khawatir bila anak-anaknya harus pergi keluar rumah untuk belajar. so,... here I am now,...jobless.


Namanya juga pekerja freelance, ada kerjaan ada bayaran, kalau ga ada kerjaan ya gini,,, manyun deh, mbowoh ae ning omah,...begitu kata orang Jawa. Tapi, semua kembali ke pribadi masing-masing. aku rasa akan percuma bila aku hanya diam dan meratapi nasib. Tetap harus berusaha, dong. Nggak menyerah. 


Aku mulai banting setir ke mengajar online, pasang iklan di medsos dan juga titip-titip info promosi ke teman-teman. Syukurlah, meski sedikit masih dipercaya orang. Bahkan ada pula teman-teman yang merekomkan aku pada teman-teman mereka sehingga meskipun tidak seramai biasanya tapi hasilnya pantas disyukuri. 


Karena banyaknya waktu luangku di rumah, mulailah aku mencari-cari kesibukan. mulanya aku hunting resep di medsos, berburu ebook online, membaca koleksi buku-bukuku yang seperpustakaan banyaknya, serta fokus mengerjakan tugas kuliah yang berlimpah ruah, serta ikut beraneka grup WhatsApp untuk belajar berbagai ilmu secara online. 

Salah satu grup WhatsApp yang aku ikuti adalah kelas menulis online yang diprakarsai oleh PGRI. Grup ini mewajibkan seluruh pesertanya mempunyai blog untuk digunakan sebagai sarana latihan menulis. Inilah alasan sebenarnya aku menulis di sisni hari ini. so, jangan heran bila sampai dengan beberapa waktu ke depan akan ada tulisan-tulisan pendek yang aku posting di blog ini. aku yakin, dengan mengikuti metode pelatihan menulis di grup tersebut aku akan bisa memperkaya skill menulisku sehingga aku bisa bertranformasi menjadi seorang penulis professional.


Tetap semangat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar